7 Tips Merawat Ikan Hias di Akuarium

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
06 Jul 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Meningkatnya produksi ikan hias Indonesia memantapkan Indonesia untuk menjadi eksportir ikan hias nomor 1 di dunia. Pada tahun 2015 Indonesia telah memproduksi ikan hias sebanyak 1,3 miliar ikan dengan nilai produksi sekitar Rp 2,83 triliun, sedangkan untuk 2018 sementara perhitungannya yaitu sekitar 1,8 miliar ikan hias dengan nilai produksi sekitar Rp 4,3 triliun. Target produksi ikan hias pada 2019 sekitar 2,3 miliar ikan hias. (Kompas.com 19/02/2019)  

Kehadiran ikan hias dapat memberikan manfaat bagi manusia, kegiatan manusia sehari-hari yang padat dapat membuat manusia rentan mengalami stres maupun depresi. Akuarium yang berisi ikan hias dengan warna dan corak yang indah dan menarik memberikan ketenangan, rileks dan kedamaian ketika melihat tingkah laku ikan hias di dalam akuarium. Namun banyak sekali orang yang hanya ingin memelihara ikan hias tapi kurang pengetahuan tentang merawat ikan hias sehingga menyebabkan ikan terbengkalai. Berikut merupakan tips-tips untuk Sobat Satwa bagaimana cara memelihara ikan hias yang baik dan benar:

1. Jenis Ikan

https://www.freepik.com

Langkah pertama dalam memelihara ikan hias adalah mengetahui jenis ikan apa yang ingin kita pelihara untuk memberikan perawatan yang terbaik sesuai jenisnya. Pilihlah ikan yang mudah bersosialisasi dengan ikan lainnya pastikan ketika Sobat Satwa membeli ikan tersebut tidak dalam keadaan sakit akibat jamur, cacing dan masih dalam kondisi sehat.

2. Ukuran Akuarium

https://www.freepik.com

Pilihlah akuarium yang sesuai dengan ukuran tubuh ikan yang akan dipelihara. Pisahkan ikan yang bertubuh besar dengan yang bertubuh kecil karena biasa ikan hias bertubuh besar merupakan ikan hias jenis predator.

3. Air Yang Bersih

https://www.freepik.com

Air adalah kehidupan untuk ikan jadi kualitas air merupakan komponen penting dalam memelihara ikan hias. Air yang buruk dapat menyebabkan kematian pada ikan gunakan air sumur yang sudah diendapkan selama 24 jam. Jika ingin menggunakan air PAM atau PDAM gunakan obat anti kaporit terlebih dahulu.

4. Makanan Untuk Ikan Hias

https://abahtani.com/pakan-ikan-lele/

Berikan makanan yang mengandung protein yang tinggi dari makanan alami maupun makanan pelet. Jangan berikan makanan terlalu banyak, berikan sesuai porsi yang dibutuhkan atau bisa memberikan makan dengan porsi sedikit tetapi sering agar sisa makanan tidak membuat air keruh dan menyebabkan kematian pada ikan.

5. Perawatan Akuarium

Merawat ikan hias tentu harus dilakukan penggantian air akuarium secara rutin sekali dalam seminggu. Untuk menguras air bisa digunakan selang yang berukuran kecil namun saat menguras air sisakan 25% air lalu berikan air baru. Untuk terhindar dari jamur berikan 0,1% garam ikan pada akuarium. Jagalah suhu air untuk berada 27-28 derajat celcius merupakan batas maksimal untuk membuat ikan nyaman di dalam akuarium.

6. Arus Air

https://www.freepik.com

Arus air berguna agar kondisinya seperti berada di habitat asalnya sebagian ikan harus memiliki arus air dalam akuarium. Selain itu arus air berguna untuk memperlancar sistem pernapasan, peredaran darah dan ekskresi pada ikan agar ikan tetap bertahan hidup.

7. Hindari Sinar Matahari

Akuarium yang mendapatkan sinar matahari secara langsung dapat memicu ganggang hijau yang muncul dan mengakibatkan akuarium menjadi kotor dan itu sangat buruk untuk kesehatan ikan. Jadi hindarkan paparan sinar matahari secara langsung kepada akuarium.

Source Picture:

https://www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual