3 Cara Merawat Kambing Agar Terhindar Dari Penyakit

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
08 Jul 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Siapa sih yang mau sebagai pemilik usaha hewan ternak tetapi kesehatan hewan ternaknya dalam keadaan buruk. Sehingga mengakibatkan produktivitasnya menurun sehingga mengalami kerugian, beruntung hanya kerugian kalo sampai gulung tikar bagaimana? tentu itu merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua pemilik usaha ternak hewan. 

Untuk semua makhluk hidup kesehatan itu amat sangat penting tidak hanya untuk manusia tetapi juga hewan. Berbagai penyakit dapat menyerang kapanpun dan dimanapun hewan ternak berada bisa berupa penyakit infeksi maupun non infeksi. Penyakit infeksi pada kambing biasanya disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit. Untuk non infeksi sendiri biasanya disebabkan oleh kurangnya beberapa zat gizi yang diperlukan oleh hewan ternak. Nah Sobat Satwa, sekarang kita kasih tips nih cara merawat kambing ternak agar terhindar dari berbagai penyakit:

1. Berilah Pakan Dengan Baik

https://www.freepik.com

Jangan sembarang memberi makan kambing pada permukaan tanah agar mencegah jamur dan serangga memakannya atau mengerumuninya. Sobat satwa juga bisa memberi pakan di wadah yang tahan air, agar pakan tetap bersih dan tersimpan dengan baik. Karena jika pakan di simpan di atas permukaan tanah maka hal tersebut dapat menyebabkan penyakit yang bisa membahayakan hewan ternak. 

Berikan pakan yang bergizi untuk mencegah serangan penyakit. Jika ternak mempunyai gizi yang cukup pasti hewan ternak memiliki kekebalan tubuh yang baik. Hindari memberikan pakan yang akan menyakiti kambing, dan jauhkan kambing dari tanaman hias terutama spesies Rhododendron. Tanaman hias ini cukup gampang untuk ditemukan di lingkungan sekitar, maka berhati-hatilah karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan akut seperti muntah-muntah, diare bahkan kematian.

2. Perawatan Pada Ternak Kambing

https://www.theprairiehomestead.com

Perawatan untuk hewan ternak harus dilakukan secara rutin. Perawatan yang menyeluruh terdiri dari menyikat dan memandikan dengan seksama. Lakukan setidaknya sebulan sekali memotong kuku kambing agar tidak bengkok, patah atau terinfeksi. Hewan ternak yang sehat fisiknya dapat dilihat apakah hewan tersebut aktif dan tanggap. 

Lingkungan kandang juga harus diperhatikan, seperti pembersihan kandang harus dilakukan secara rutin agar mencegah timbulnya penyakit pada hewan ternak yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit. Pencegahan terhadap serangan penyakit sangat penting agar tidak menular ke hewan ternak lainnya.

3. Memberikan Vaksin

http://nigerianpygmygoats.com

Sebagian kambing sangat mudah terkena parasit dan salah satu pencegahannya bisa diberikan vaksin secara rutin. Vaksin dilakukan dengan tujuan agar ternak memiliki kekebalan imun yang dapat melawan penyebab timbulnya penyakit. Vaksin yang diberikan untuk mencegah penyakit bisa vaksin antibiotik, anti alergi, maupun multivitamin tetapi berikan vaksin yang dibutuhkan oleh kambing ternak. Untuk kambing yang masih berusia 6-8 minggu berikan vaksin parasit setelah 4 minggu berikan vaksin kembali, barulah setelah itu pemberian vaksin dapat dilakukan setahun sekali. Vaksin dapat dibeli pada pet shop yang menyediakan dan dokter hewan. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk, jika ragu lebih baik berikan vaksin di dokter hewan agar terjamin dan tidak menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Source Picture:

https://www.freepik.com

 

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual