Jual Beli Hewan

Jual Beli Hewan

Jual Beli Hewan

Jual Beli Hewan

Jual Beli Hewan
Jual Beli Hewan

Jual Hewan

Jual Hewan

Jual Hewan

Jual Hewan

Jual Hewan
Jual Hewan

Beli Hewan

Beli Hewan

Beli Hewan

Beli Hewan

Beli Hewan
Beli Hewan

Jual Beli Pet

Jual Beli Pet

Jual Beli Pet

Jual Beli Pet

Jual Beli Pet
Jual Beli Pet

Jual Anjing

Jual Anjing

Jual Anjing

Jual Anjing

Jual Anjing
Jual Anjing

Jual Kucing

Jual Kucing

Jual Kucing

Jual Kucing

Jual Kucing
Jual Kucing

Jual Burung

Jual Ayam

Jual Kelinci

Jual Kura-kura

Jual Ikan
Jual marmut

Pet Shop

Pet Shop

Pet Shop

Pet Shop

Pet Shop
Pet Shop

Pet Care

Pet Care

Pet Care

Pet Care

Pet Care
Pet Care

Dokter Hewan

Dokter Hewan

Dokter Hewan

Dokter Hewan

Dokter Hewan
Dokter Hewan
search

Greatest Dog's Competitions

Dog Show atau Pameran Anjing adalah segalanya mengenai anjing. Disinilah, para pecinta anjing berkumpul dan mempromosikan ras anjingnya, serta berkompetisi secara sportif satu sama lain. Dan disini juga akan ada kalah dan menang; tambah teman dan tambah lawan; juga pengalaman baik dan pengalaman buruk.

Siapa saja yang dapat mengikuti Dog Show? Untuk bertanding di dalam Dog Show, anjing anda harus merupakan anjing ras (bukan campuran atau anjing kampung) yang diakui oleh PERKIN, dan memiliki surat silsilah dan tato nomor silsilah (biasanya di telinga). Untuk anjing impor, biasanya sudah tidak ada tato di telinga karena dipasangkan microchip. Namun harus diregistrasi ulang di PERKIN. Hanya anjing trah/ras yang telah diakui/terdaftar/teregistrasi di PERKIN yang dapat mengikuti pameran anjing PERKIN.

Di Indonesia, PureBreed Dog atau Anjing Trah/Ras adalah jenis-jenis anjing yang diakui oleh FCI (Federation Cynologique Internationale) dan PERKIN sebagai induk organisasi di Indonesia. Anjing trah adalah anjing yang telah mencapai tingkat kestabilan genetic yang tinggi. Maksudnya disini adalah, pada saat dua anjing dari satu jenis trah yang sama dikawinkan/dipacak, maka anakan yang dihasilkan sewajarnya akan seperti bapak-induknya.

Ada standar-standar resmi untuk masing-masing trah dan standar-standar tersebut berbeda satu sama lain. Standar tersebut ditetapkan oleh FCI dan mencakup antara lain: tampilan anjing secara umum, size, proporsi badan, kepala, struktur gigi, warna, bulu, temperamen, dsb. Anak anjing yang berumur 16 - 52 minggu yang sesuai dengan standar, atau paling kurang mendekati standar, dapat dianggap paling tidak sebagaiPotensial/Prospect Show Quality Dog¡¨. Anak anjing yang tidak sesuai/mendekati dengan standar dianggap sebagai Pet Quality Dog¡¨. Mereka dapat menjadi hewan peliharaan yang lucu dan manis yang bisa menjadi teman terbaik anda dan merupakan anjing-anjing yang cakep. Hanya saja mereka tidak sesuai atau mendekati standarisasi mereka; standar yang mengatakan bagaimana seharusnya mereka itu seperti.

Jika anda berpikir untuk membeli show dog, maka yang terbaik adalah membelinya pada Breeder (Pembiak Anjing) atau pemain anjing yang shows dogs. Karena para breeder sudah punya banyak pengalaman dalam membiakkan anjingnya dan mendedikasikan waktunya untuk meningkatkan kualitas anjing biakannya demi nama baik nama kennel mereka.

APAKAH ANJING TRAH SAYA DAPAT DIIKUTKAN SHOW?

Untuk itu, anda harus meminta pendapat dari breeder bersangkutan. Pelajari standarisasi trah yang anda miliki dan membandingkan standar-standar tersebut dengan anakan anjing anda. Petunjuk dari breeder anda akan dibutuhkan untuk menerjemahkan standarisasi tersebut. Kunjungilah pameran-pameran anjing atau Dog Show¨ yang diadakan di daerah anda dan perhatikanlah anjing-anjing yang dipamerkan disana, terutama trah anjing anda. Bandingkan dalam pikiran anda, anjing anda dengan anjing-anjing yang di-show-kan.

ADAKAH MANFAAT YANG SAYA DAPAT DARI BER-DOG SHOW?

Sosialisasi adalah manfaat pertama dari mengikuti pameran anjing. Bertemu dan berkenalan dengan sesama pencinta anjing, dan para pemain yang memiliki trah yang sama dapat membangun kebersamaan. Manfaat kedua bagi anda adalah hubungan anda dengan anjing anda akan lebih dekat, anjing anda akan lebih terlatih dan lebih mengerti kemauan anda.

PADA UMUR BERAPA ANJING SAYA DAPAT DI-SHOW-KAN?

Umur minimum untuk mengikuti Dog Show di Indonesia adalah 3 bulan (kelas anakan A umur 3 - 6 bulan). Tujuan dari kelas ini adalah mensosialisasikan dan melatih anak anjing akan keadaan didalam Show Ring¨ atau arena show, dan anak anjing anda dapat belajar mengetahui apa yang anda diharapkan darinya. Jadi jangan kuatir jika anak anjing anda mogok jalan atau melompat-lompat, karena para juri masih memakluminya. Selanjutnya akan terbagi kelas-kelas sesuai dengan umur anjing anda.

BERAPA BIAYA UNTUK MEN-SHOW-KAN ANJING SAYA?

Biaya pendaftaran Dog Show bervariasi, berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000, per show (tergantung penyelenggaranya dan jenis pameran). Jika anjing anda termasuk tipe perlu di-Grooming (penataan bulu), anda harus menyediakan dana tambahan untuk biaya Professional Groomer. Di dalam ring, anda bisa meng-handle anak anjing anda sendiri, atau bila anda belum siap, anda mungkin bisa meminta bantuan teman anda yang lebih berpengalaman. Atau jika anda tidak ingin merepotkan teman anda, anda bisa memakai jasa Handler untuk membawa anjing anda didalam show ring. Tentunya harus ada dana tambahan juga untuk ini.

BAGAIMANA CARA MERAWAT ANJING SHOW SAYA?

Anjing show haruslah anjing yang sehat dan harus dijaga dalam kondisi terbaik. Ini harus dimulai pada saat anjing tinggal di rumah anda. Rawatan yang dapat anda berikan adalah:

1.Memberikan Dog Food sebagai menu makan sehari-hari anjing anda. Mengapa Dog Food? Karena nutrisi yang terkandung di dalam dog food sudah lengkap, seimbang, melalui penelitian para ahli di bidangnya. Dog food yang paling mahal belum tentu yang paling bagus. Yang paling penting dog food tersebut cocok buat anjing anda dan bisa menjaga kestabilan bahkan meningkatkan kualitas anjing anda. Makanan jangan diumbar begitu saja, tapi harus diatur porsinya sesuai dengan takaran yang ditentukan oleh dog food. Makan yang berlebihan akan membuat anak anjing kegendutan dan merusak struktur kaki, tulang punggung (topline), dan lainnya. Di lain pihak, kekurangan makan akan menyebabkan anak anjing tidak akan bertumbuh dengan maksimal, karena kekurangan gizi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhannya.

2.Air minum yang bersih harus selalu tersedia untuk mencegah dehidrasi. Air minum dianjurkan untuk dimasak dahulu. Atau lebih bagus lagi jika anda memberikan air mineral.

3.Olahragakan anjing anda secukupnya, sesuai dengan trah, umur dan kondisi. Anjing yang sehat ototnya harus kencang, meskipun anjing anda jenis trah kecil. Jangan memberikan olahraga yang berat sebelum anjing berusia 2 tahun. Malah di trah tertentu, umur 2 tahun masih dikategorikan terlalu muda. Olahraga yang terbaik adalah lari secara alami. Bermain dan Short Walk sangat dianjurkan untuk anak anjing. Pada saat anjing sudah kelihatan capek, olahraga harus diakhiri, jangan terlalu memaksakannya hanya karena anda ingin anjing anda full berotot.

4) Water grows grass. Water grows hair. Clean hair grows. Dirty hair dies. Mandikan anjing anda secara teratur minimal seminggu sekali, kecuali jika anjing sudah dalam keadaan kotor. Pada saat anjing akan di-show-kan, mereka dimandikan 2 kali seminggu, sekali di hari antara minggu itu dan sekali lagi pada hari sebelum show. Dianjurkan untuk memakai shampoo dan/atau kondisioner khusus untuk anjing, sebab anjing memiliki pH yang berbeda dengan manusia (merek merupakan preference masing-masing orang). Setelah dimandikan, keringkan bulu anjing sampai benar-benar kering. Jangan lupakan bagian sela-sela kaki dan ketiak. Bagian yang tidak benar-benar dikeringkan akan membuat gatal dan akan menimbulkan jamur pada kulit. Bulu yang bersih akan mencegah berbagai penyakit kulit dan kerontokan yang tidak normal.

5)Cek selalu kebersihan telinga dan mata. Bersihkan telinga jika sudah kelihatan kotor dan bersihkan matanya dari kotoran atau berkas air mata.

6) Kuku anjing show harus dipotong paling tidak seminggu sekali. Kuku jangan dipotong sampai mengenai daging bagian dalam.

7)Anjing harus bebas dari parasit, baik internal (seperti cacing) maupun external (seperti kutu), karena parasit akan memperburuk kondisi anjing anda. Untuk mengatasi kutu pada anjing kesayangan anda, anda bisa membeli obat anti kutu yang tersedia di petshop-petshop. Untuk mengatasi cacingan, anjing dapat diberikan obat cacing sesuai dosisnya. Untuk skala pemberian, dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter hewan.

8)Kunjungi dokter hewan secara berkala untuk mendapatkan vaksinasi sampai tahap komplit. Pastikan anjing anda mendapatkan vaksinasi : Parvo, Distemper, Rabies dan Kennel Cough (Flu / Batuk). Jika anda menemukan tanda-tanda yang tidak seperti biasanya pada anak anjing anda, misalnya menjadi tidak napsu makan, gelisah, murung, dsb; segeralah dibawa ke dokter hewan.

9)Suplement Tambahan? Why not? Suplemen tambahan berupa vitamin bisa diberikan tapi bukan merupakan suatu keharusan. Sesuai dengan budget anda. Kekurangan vitaman, is BAD! Kelebihan vitamin, WORSE!

10)Melatih anak anjing untuk show harus dilakukan mulai dini, dan setiap hari. Training atau pelatihan adalah suatu bentuk pendidikan yang sangat penting untuk anjing show agar nantinya di Show Ring anjing dalam keadaan terkontrol penuh oleh anda. Pada saat dog show, anjing anda akan diminta untuk berjalan membuat suatu lingkaran, berdiri diam dalam posisi terbaik, dipegang-pegang untuk diperiksa oleh juri (tentunya bagi anjing anda juri adalah orang asing), dan beristirahat didalam kandang kecil. Ini bukan sesuatu yang alami bagi anjing, dan mereka harus diajarkan untuk mencintai dan menikmati keadaan tersebut.

LATIHAN-LATIHAN APA YANG PENTING UNTUK ANJING SHOW SAYA?

Latihan dimulai sejak anak anjing sudah bisa berjalan. Sebagai latihan awal, sosialisasikan anak anjing dengan bertemu banyak orang dan biarkan orang yang anda kenal menyentuh dan memegang mulut anak anjing anda (tentunya setelah vaksinasi komplit). Anda juga bisa cari waktu untuk melatih membiasakan anak anjing anda untuk berkendaraan dengan anda.

Leash Training adalah latihan berjalan dengan tali. Latihan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengadaptasikan anak anjing dengan tali. Untuk itu, pakailah tali yang lembut untuk leher anak anjing karena kekuatan otot leher anak anjing masih dalam proses perkembangan alami.

Crate Training adalah latihan untuk mengenalkan dan mengadaptasikan anak anjing dengan kandangnya. Mulailah latihan dengan mengurung anak anjing di dalam kandang untuk waktu yang singkat. Saat yang terbaik adalah pada saat ia sudah lelah bermain dan mau tidur. Awalnya mungkin anak anjing akan protes dan menangis, tapi jangan ditanggapi. Protes akan segera berakhir jika ia merasa dicuekan.

Table Training adalah latihan agar anak anjing berdiri secara benar di atas meja. Cara yang terbaik adalah memegang anak anjing secara erat namun lembut (agar tidak jatuh), angkat ia ke atas meja, dan letakan anak anjing secara pelan. Buatlah anak anjing berdiri diam, dengan tangan kiri memegang bagian belakang, dan tangan kanan memegang lembut lehernya sehingga kepalanya bisa bersandar di tangan anda. Jika ia berontak, tenangkanlah dulu sebelum dilanjutkan. Jika sudah tenang, ulangi kembali latihan dengan kembali meletakkan ia di lantai, memujinya, kemudian mengangkat lagi ke meja. Jika ia sudah diam tariklah perhatiannya dengan memberikan makanan kesukaannya, sementara itu anda posisikan ekornya sesuai dengan standarisasi trah-nya.

Brush Training. Untuk anjing yang berbulu panjang, biasakan anak anjing untuk disisir setiap hari dari usia dini. Semakin dewasa bulu anjing akan semakin lebat dan panjang, dan waktu penyisiran akan semakin lama. Jika anjing sudah terbiasa disisir, ia akan menikmatinya.

Perlu Diingat :

Jangan mengasari dengan memarahi, memukul, atau menyeret anak anjing pada saat dilatih, karena itu tidak akan membuat mereka patuh dan mengikuti kemauan anda. Jika anda melakukan hal ini, anda akan menumbuhkan sifat-sifat negatif dalam pisikologi anjing anda. Anda akan merusak temperamen mereka, membuat mereka menjadi penakut, membenci dog show, dan lebih parah lagi menjadi aggresif. Lebih baiklatihlah anjing anda dengan menarik perhatian mereka, misalnya dengan mainan atau makanan kesukaan mereka (seperti biskuit anjing). Pujilah mereka dan berikan mereka makanan jika mereka sudah melakukan apa yang anda suruh meskipun masih belum sempurna. Ingat bahwa anjing anda masih seekor puppy yang masih suka bermain. Memanfaatkan sifat bermain mereka dalam latihan, ini akan menumbuhkan sifat positif. Yang paling penting buat anda adalah KESABARAN dan KERJA KERAS!!!

ADAKAH JAMINAN DARI BREEDER BAHWA ANJING SAYA BENAR-BENAR ANJING SHOW?

Biasanya anakan anjing dijual pada usia 6 - 12 minggu. Meskipun para breeder mejual anjing show quality dan pet quality, ini hanyalah merupakan perkiraan dari breeder menurut pengalaman dan pengamatan mereka karena sangat sulit untuk memastikan perkembangan anjing selanjutnya. Ini menjelaskan mengapa istilahnya adalah Potensial Show Quality, itu karena anak anjing tersebut berpotensi atau punya prospek untuk menjadi anjing berkualitas show di kemudian hari. Show Quality yang ditentukan oleh breeder hanyalah 1/3 bagian dari keseluruhan dan merupakan harapan atau ekspetasi dari breeder tersebut. Sisanya 2/3 bagian terletak ditangan pemilik baru; itu semua tergantung kepada perawatan anda.

APAKAH ANJING KUALITAS SHOW PASTI BISA CHAMPION?

Well¡K.mungkin jawaban yang cocok untuk pertanyaan ini adalah TERGANTUNG! Anjing kualitas show memang mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menjadi champion dibandingkan dengan anjing kualitas pet. Tapi kembali lagi kepada anda, karena itu semua tergantung kepada perawatan anda, latihan, anjing pada saat di ring, dan HOKI lah yaw!

SAYA INGIN ANJING KUALITAS BAGUS, TAPI TIDAK INGIN DIIKUTKAN SHOW, BAGAIMANA?

Sebenarnya itu terserah anda. Tapi jika anda membeli show dog dan berjanji untuk mengikutkan Dog Show, maka anda harus mengikutkannya. Adalah sia-sia mempunyai anjing yang bagus yang hanya anda simpan untuk jadikan anjing keluarga dirumah, padahal sebenarnya anjing tersebut mungkin punya kesempatan yang cerah jika diikutkan pameran. Ini tidak ¡§fair¡¨ bagi breeder tersebut dan bagi anjing yang anda beli darinya. Maka penting untuk anda pertimbangkan secara matang, apakah anda membeli anjing untuk diikutkan dalam show atau hanya sebagai companion (teman) saja. Ingat¡K baik show dog maupun non-show dog, mereka tetap merupakan teman yang baik dan membutuhkan kasih sayang anda.

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DI DALAM DOG SHOW? Anjing Berkualitas ¡V Hot Dogs. Dog show adalah semua tentang anjing. Disini anjing-anjing dari berbagai trah berkumpul, import maupun lokal, yang champion maupun belum champion; dan mereka bertanding untuk diuji sesuai standarisasinya.

Juri The Lords of The Rings. Siapa sebenarnya juri itu? Juri: adalah seseorang yang melakukan pengujian dan menentukan anjing mana yang paling mendekati standarisasinya. Untuk menjadi seorang juri, maka seorang harus melewati syarat-syarat tertentu, pelatihan khusus, ujian, serta interview dari badan yang berkompeten.

Asisten: Juri Second in Command. Asisten juri pada dasarnya adalah orang yang bertugas untuk membantu juri dalam ring, antara lain: menjadi penerjemah bagi juri dan peserta (jika juri yang diundang berasal dari luar negeri), mengabsensi peserta, memanggil peserta ke dalam ring. Singkat kata seorang asisten juri bertanggung jawab secara penuh atas kelancaran penjurian. Seorang asisten juri tidak boleh mempengaruhi juri dalam pemilihan, baik langsung maupun tidak langsung.

Panitia : Ring Master. Para panitia adalah orang-orang penyelenggara dog show, dan bertanggung jawab penuh atas kelancaran selama dog show berlangsung.

Handler. Mungkin anda berpikir bahwa setiap pemain anjing akan membawa sendiri anjingnya di ring, namun ada orang-orang tertentu yang menjadikan ini sebagai pekerjaannya. Profesional Handler mempunyai keahlian dalam mempresentasikan anjing di show ring dan sanggup menampilkan sisi yang terbaik dari anjing yang dibawanya. Itu karena mereka sudah sangat berpengalaman.

Owner Handler : Do-It-Yourselfers. Mereka adalah breeder atau pemilik anjing yang meng-handle anjingnya sendiri di dalam ring.

Groomer. Bagi trah yang perlu penataan atau dimodelin, diperlukan bantuan dog groomer. Dog Groomer adalah seorang yang ahli dan berpengalaman dalam memodelin / menata bulu anjing, membuat anjing tampil secantik mungkin, sesuai standarisasinya.

BAGAIMANAKAH SISTEM DAN ATURAN DOG SHOW DI INDONESIA?

Yang akan dibahas disini adalah sistem pertandingan secara umum dalam All Breed Dog Show. Untuk trah yang sudah mempunyai Himpunan Trah Pusat (Breed Club), biasanya memiliki sistem pertandingan yang sudah ditentukan sendiri.

â€ï¿½gPembagian Klasemen

Pertama-tama, anda harus menentukan, bahwa anjing trah anda akan bertanding di kelas apa. Pemenang I dan (kadangkala) pemenang II kelas akan meneruskan pertandingan selanjutnya.

Trah Kecil

Kelas Anakan A : 3 - 6 bulan

Kelas Anakan B : 6 - 9 bulan

Kelas Remaja : 9 - 12 bulan

Kelas Dewasa : 12 bulan keatas

Kelas Ch. Indonesia :Kalau ada

Trah Sedang

Kelas Anakan A : 3 - 6 bulan

Kelas Anakan B : 6 - 9 bulan

Kelas Remaja : 9 - 12 bulan

Kelas Madya : 12 - 18 bulan

Kelas Dewasa : 18 bulan keatas

Kelas Ch.Indonesia : Kalau ada

Trah Besar

Kelas Anakan A : 3 - 6 bulan

Kelas Anakan B : 6 -9 bulan

Kelas Anakan C : 9 - 12 bulan

Kelas Remaja : 12 - 18 bulan

Kelas Madya 18 - 24 bulan

Kelas Dewasa : 24 bulan keatas

Kelas Ch.Indonesia : Kalau ada

Ring/Arena Breed (Trah)

Pada ring ini, pemenang I kelas jantan dan betina dalam satu trah akan ditandingkan bersama untuk memperebutkan Best Of Breed (BOB) Umum (kecuali untuk kelas Anakan A). Anjing yang memenangkan BOB Umum, akan digantikan oleh pemenang II dari kelasnya untuk bertanding di Reserve Best Of Breed (RBOB) Umum. Pemenang Reserve sama artinya dengan pemenang Runner-Up. BOB & RBOB Umum ini diikuti oleh anjing impor maupun anjing biakan lokal (sudah lahir di Indonesia). Kemudian setelah itu akan diadakan pemilihan BOB Lokal, untuk memilih anjing lokal terbaik, dimana anjing impor tidak diikutsertakan. Demikian pula dengan pemilihan RBOB Lokal, dimana pemenang II dari anjing yang mendapatkan BOB Lokal menggantikan posisinya.

Ring/Arena Group

Pada ring ini, semua pemenang BOB dari masing-masing trah akan ditandingkan sesuai dengan groupnya untuk memperebutkan Best of Group (BOG) Umum, Reserve Best Of Group (RBOG)Umum, BOG Lokal dan RBOG Lokal (aturan pemilihannya sama seperti pada BOB). Ada 10 group yang dipertandingkan di Indonesia, sesuai dengan pembagian group menurut FCI, dan group-group itu adalah:

Group I

Sheepdogs dan Cattle dogs (kecuali Swiss Cattle dogs)

German Shepherd, (Pembroke & Cardigan) Welsh Corgi, Shetland Sheepdog, Collie (Rough & Smooth coated)

Group II

Pinscher & Schnauzers V Molossian Type dan Swiss Cattle Dogs

Boxer, Bulldog, Bullmastiff, Neapolitan Mastiff, Doberman, Rottweiler, Great Dane, Mini Pinscher, St. Bernard

Group III

Terriers

Fox Terrier (wire & smooth), Yorkshire Terrier

Group IV

Teckels (Dachshunds)

Semua yang berjenis Dachshund

Group V

Spitz dan Primitive Types

Chow Chow, Pomeranian, Samoyed, Siberian Husky, Alaskan Malamute, Basenji

Group VI

Hounds (kecuali Sighthounds)

Basset Hound, Beagle, Dalmatian

Group VII

Pointers

Weimaraner

Group VIII

Flushing Dogs, Retriever - Water Dogs

Golden Retriever, Labrador Retriever, Cocker Spaniel (Solid & Party Color), Flat-coated Retriever

Group IX

Companion dan Toys

Chihuahua (Long & Smooth coated), Maltese, Shih Tzu, Poodle (Toy, Miniature, Standard), Pug, Boston Terrier, Pekingese

Group X

Sighthound dan trah yang berhubungan dengannya

Whippet

 

Ring/Arena Best In Show

Jika anjing anda memenangkan BOG, maka ia akan menjadi representasi dari Group-nya dalam pemilihanBest In Show (BIS). Gelar Best In Show (BIS) adalah gelar yang paling bergensi dalam Dog Show karena pemenangnya merupakan ¡§anjing terbaik¡¨ pada saat pameran. Di ring inilah diadakan pemilihan Best In Show (BIS) Umum, Reserve Best In Show (RBIS) Umum, BIS Lokal dan RBIS Lokal.

Pada pemilihan BOB Umum / BOG Umum / BIS Umum, apabila pemenangnya adalah anjing lokal, maka secara otomatis menjadi pemenang Best of Breed Lokal / Best of Group Lokal / Best in Show Lokal. Jika anjing lokal yang memenangkan RBOB Umum / RBOG Umum / RBIS Umum, maka otomatis ia akan menjadi pemenang BOB Lokal / BOG Lokal / BIS Lokal.

BAGAIMANA AGAR ANJING SAYA BISA MENDAPATKAN GELAR CHAMPION?

Gelar ini bisa dicapai apabila anjing lokal(sudah lahir di Indonesia) berhasil mengumpulkan 3 Piagam Kredit (CC) dari 3 juri yang berbeda pada 3 pameran yang berbeda. Sedangkan untuk anjing import diwajibkan untuk mengumpulkan 4 piagam kredit dari 4 orang juri yang berbeda pada 4 pameran yang berbeda, dimana salah satu piagam kredit minimal harus diperoleh dengan memenangkan RBOB Umum/Lokal. Yang berhak mendapatkan Piagam Kredit adalah : Anjing Jantan atau Betina yang terpilih menjadi BIS Umum/Lokaltermasuk RBIS Umum/Lokal, BOG Umum/Lokal termasuk RBOG Umum/Lokal, BOB Umum/Lokal termasukRBOB Umum/Lokal, dan Pemenang I umum pada kelasnya dengan penilaian sekurang-kurangnya SANGAT BAIK (selain kelas anakan) atau BANYAK HARAPAN pada kelas anakan (kecuali Anakan A) dan minimal peserta dalam kelasnya berjumlah 6 ekor.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Komentar


\