Tips Merawat Gigi Anjing Agar Tetap Bersih dan Sehat

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
14 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Memelihara anjing merupakan komitmen seumur hidup, tak hanya memberi makan dan minum, namun kita juga harus memberi rasa kasih sayang dan juga menjaga kesehatan mereka. Kesehatan adalah yang yang paling penting terutama kesehatan gigi dan gusi.

Mengapa perawatan gigi sangat penting? Karena dapat mencegah adanya penyakit pada gigi dan mulutnya yang cenderung menyebabkan nafasnya bau.  Sekarang perawatan gigi pada anjing juga banyak dilakukan di klinik dan dokter hewan sehingga dapat memudahkan Kamu lho Sobat Satwa. Namun, apabila Kamu berniat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anjing Kamu sendiri, Kamu dapat melakukannya di rumah secara rutin.

Disini Taman Satwa akan memberimu tips bagaimana merawat gigi anjing kamu agar tetap bersih dan sehat! yuk, langsung Sobat Satwa check!

1. Periksa Gusi dan Gigi

Memeriksa gusi dan gigi merupakan langkah pertama untuk memeriksa apakah anjing Kamu memiliki gusi dan gigi yang sehat, dan hal ini juga untuk memastikan apakah anjing Kamu mendapatkan hasil maksimal dari makanan ia konsumsi. Masalah gigi adalah kondisi kesehatan yang paling sering dialami pada semua anjing di atas usia tiga tahun. Saat gigi dan gusi sakit dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan kerusakan ginjal, jantung dan organ tubuh lainnya.

2. Mengenal Penyakit Gigi pada Anjing 

Ada 2 macam penyakit gigi yang paling sering ditemui pada Anjing yaitu :

1. Plak

Plak merupakan bakteri yang hidup pada sisa-sisa makanan di dalam mulut bersamaan dengan air liur, membuat plak mulai menumpuk. Biasanya plak akan terjadi pada bagian luar gigi terutama gigi premolar atas dan geraham.

2. Tartar

Jika plak tidak dihilangkan, maka dalam waktu 3-5 hari akan mengeras dan membentuk tartar atau kalkulus. Tartar dapat menyebabkan iritasi gusi dan bau mulut.

3. Rutin Membersihkan Gigi Anjing

Hampir sama seperti manusia, gigi anjing Kamu juga harus rutin dibersihkan. Sikat gigi Anjing kesayangan kamu, setidaknya 2-3 kali seminggu. Kalau hanya seminggu sekali, atau malah lebih dari itu, dapat dipastikan akan ada banyak kuman dan bakteri di gigi hewan peliharaan Kamu. Kamu juga harus tahu bagaimana Cara Menggosok Gigi Anjing (link) karena rajin menggosok akan membuat gigi anjing kamu bersih dan terjaga kesehatannya. 

4. Pembersihan dan Pemeriksaan Oral (Mulut) di Dokter Hewan 

Pembersihan gigi secara intensif seperti scaling teeth dapat Kamu lakukan di dokter hewan. Anjing yang memiliki karang gigi harus dibius pada saat melakukan scaling teeth. Untuk anjing yang memiliki karang gigi yang sudah berumur, dokter akan memeriksa darah terlebih dahulu dan menggunakan bius yang aman untuk anjing yang memiliki karang gigi tua. Berikut adalah tahapan pembersihan gigi anjing oleh dokter hewan :

1. Anestesi (pembiusan)

2. Radiografi (x-ray) untuk menilai dan melihat kesehatan gigi dan tulang mulut

3. Pembilasan mulut dengan larutan antibakteri

4. Mulai scaling gigi. Pembersihan tartar yang ada pada gigi dan gusi

5. Membersihkan sisa tartar yang tersisa dengan larutan khusus

6. Memoles gigi untuk menghilangkan goresan mikroskopik

7. Memeriksa gigi dan gusi untuk mencari tahu tanda-tanda penyakit

8. Pembilasan mulut dengan larutan antibakteri

9. Menambah agen gigi untuk mencegah pembentukan plak selanjutnya

10. Catat kelainan atau prosedur tambahan

11. Menentukan program perawatan gigi yang baik bagi anjing

5. Berikan Nylabone

Nylabone atau tulang buatan untuk dikunyah Anjing yang memiliki karang gigi. Banyak anjing yang memiliki karang gigi yang mengunyah tulang dengan teratur memiliki plak yang jauh lebih sedikit dibanding anjing yang memiliki karang gigi yang jarang mengunyah tulang.

6. Memberi Makanan yang Sehat

Makanan bertekstur kering dan crunchy akan memperlambat pembentukan plak pada gigi. Sebaliknya makanan yang lembut cenderung menempel pada gigi si anjing. Kamu bisa mencampur makanannya dengan sayuran renyah atau berikan makanan anjing yang didesain sesuai perkembangan gigi dan kebutuhan gizinya. 

Hindari juga makanan yang asam seperti produk susu yang berisi asam amino karena sangat beresiko mengalami kerusakan pada gigi anjing yang memiliki karang gigi seperti pertumbuhan plak atau karang gigi dan dapat menyebabkan bau nafas tak sedap karena asam amino mengandung belerang yang dapat merusak gigi anjing yang memiliki karang gigi.

Itulah tips agar gigi Anjing kamu tetap bersih dan sehat, semoga bermanfaat ya Sobat Satwa!

Source Picture:

http://www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual