7 Penyakit yang Sering Menyerang Burung Peliharaan

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
14 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Sebagai pemilik hewan pemeliharaan sudah tentu kita harus mempunyai pengetahuan tentang penyakit apa sih yang biasa menyerang hewan kesayangan kita ini. Karena dengan mengetahui jenis-jenis penyakit maka kita bisa mencegah hewan peliharaan kita dari penyakit yang berbahaya, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan sobat satwa. Bagi kalian sobat satwa yang saat ini sedang memelihara burung yuk jangan malas untuk mencari tahu apa saja penyakit yang biasa menyerang burung peliharaan kita. Nih kita kasih tahu deh, apa aja sih penyakit-penyakit yang biasa menyerang pada burung :

1. Stres Burung 

Penyebab stres pada burung biasa terjadi akibat perubahan lingkungan, cuaca atau kandang jatuh. Biasanya ditandai dengan mata sayu, bulu berdiri, kotoran tidak normal dan burung terlihat lemas tidak mau berkicau dan menjadi kurus. Jika benar burung stres, berikan obat anti stres pada minumannya dan bisa ditambahkan extra fooding pada menu makananya. 

2. Snot 

Gejala penyakit ini adanya pembengkakan di sekitar wajah, mata, hidung, serta telinga. Snot disebabkan oleh virus Hemophillus dan dapat menular melalui udara, debu, makanan, minuman dan keturunan. Selain pembengkakan pada wajah gejala lainya adalah hidung berair, bersin-bersin, dan nafsu makan menjadi berkurang.

3. Bulbul

Penyakit bulbul biasa menyerang pada kaki burung tandanya adalah benjolan kecil yang semakin lama akan membesar dan mengeras. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang menyerang hampir semua jenis burung. Pencegahan dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan sangkar secara rutin dan jauhkan burung dari benda tajam.

4. Berak Putih 

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri salmonella dengan cara kontak langsung maupun air minum. Gejalanya berupa mencret, kotoran berlendir, dan warna kotoran pada burung berwarna putih. Jika sudah menyerang burung berikan obat anti mencret yang banyak dijual di pasaran.

5. Gangguan Pernapasan

Penyakit pernafasan yang menyerang burung biasanya adanya infeksi pada saluran pernapasan. Penyebabnya akibat virus yang mudah menular karena cuaca lembab dan sirkulasi udara yang buruk. Pindahkan sangkar burung ke ruangan yang mempunyai sirkulasi udara normal. Tetap rutin untuk membersihkan sangkar, tempat makan dan minum dan semprotkan cairan antiseptik sebelum digunakan. Berikan antibiotic dan vitamin jika burung mengalami penyakit tersebut.

6. Cacingan 

Penyakit yang menyerang saluran pencernaan ini disebabkan oleh cacing ascaris yang hidup didalam usus burung. Muka pucat, kekurangan darah, badan lemas, bulu mudah rontok dan sulit membuang kotoran dan terdapat cacing jika parah maka dapat mengakibatkan kelumpuhan pada burung. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan kandang, memberi obat anti cacing dan berikan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh burung yang terserang penyakit. 

7. Radang Mata 

Jika mata burung mengalami bengkak dan mengeluarkan air mata bisa jadi disebabkan oleh debu, asap yang tidak bisa disaring oleh mata burung. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari sangkar burung dari terpaan angin dan asap. Obati dengan salep mata atau diberi kapsul sakit mata untuk burung.

Pencegahan semua penyakit di atas dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan sangkar, tempat makan dan minum, dan sanitasi sangkar. Bila burung sudah terserang penyakit langsung isolasi burung agar tidak menyebarkan penyakit kepada burung lainya. Bila burung tidak kunjung sembuh segera konsultasi dengan dokter hewan terdekat.

Source Picture: 

http://www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual