5 Jenis Burung Kicauan dan Cara Perawatanya

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
14 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Masyarakat Indonesia khususnya kaum adam rata-rata memiliki hobi memelihara burung. Tapi bukan sembarang burung lho yah, burung yang biasa dipelihara biasanya burung yang mempunyai kicauan atau bunyi yang unik dan merdu. Sebagai negara biodiversitas Indonesia terdapat bermacam-macam jenis burung kicauan sehingga banyak hadirnya komunitas-komunitas pecinta burung kicauan. Mereka biasa dipanggil dengan nama kicau mania, tidak jarang ada kicau mania yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk membeli burung kicauan ini. Burung kicau sendiri terbilang cukup mahal dari harga puluhan ribu hingga ratusan juta. Nah apa aja sih sobat satwa, burung kicauan yang populer di Indonesia :

1. Burung Anis Merah

https://flic.kr/p/dXEQhy

Burung yang kerap menjadi incaran para kicau mania ini mempunyai kicauan yang lantang dan merdu. Mempunyai keunikan berkicau sambil menggoyang-goyangkan kepala ke kanan dan kiri secara lemas seperti orang mabuk/teler adalah salah satu daya tarik untuk penggemar burung. 

2. Burung Cucak Rowo

http://kedaikicau.blogspot.com/p/cucak-rowo.html

Burung yang kerap menjadi incaran para kicau mania ini mempunyai kicauan yang lantang dan merdu. Mempunyai keunikan berkicau sambil menggoyang-goyangkan kepala ke kanan dan kiri secara lemas seperti orang mabuk/teler adalah salah satu daya tarik untuk penggemar burung.

3. Burung Lovebird

http://kedaikicau.blogspot.com/2017/07/jenis-jenis-burung-lovebird.html

Lovebird mempunyai kecantikan yang bisa dilihat dari warna bulu yang indah sehingga menjadikannya burung kicauan yang banyak dicari. Burung yang masuk dalam daftar burung tercantik didunia ini mempunyai kicauan dengan durasi yang panjang sehingga ia masuk dalam burung kicuan dengan suara termerdu.

4. Burung Kacer

https://www.flickr.com/photos/29237715

Salah satu burung kicau terpopuler di Indonesia ini mempunyai suara kicauan yang merdu membuat burung kacer sering jadi incaran oleh para kicau mania. Burung ini bisa di bandrol mulai dari Rp 300 ribu – Rp 800 ribu tergantung kondisi fisik dan usianya. 

5. Burung Murai

https://flic.kr/p/2iFqMVx

Burung yang menjadi primadona untuk kicau mania ini mempunyai penampilan yang mempesona. Suara kicau yang merdu menjadikan burung murai sebagai burung kicauan terbaik. Tidak hanya itu burung murai juga dapat menirukan kicauan dari burung lainya.

5 jenis burung kicauan di atas merupakan burung kicauan yang sering jadi incaran para pecinta burung kicauan. Gimana sobat satwa tertarik untuk memelihara jenis burung kicauan di atas? Tapi jangan cuman beli karena keinginan sesaat doang ya sobat satwa, mereka juga butuh perawatan sama seperti hewan peliharaan lainya. Nih kita kasih tipsnya cara merawat burung kicauan agar kicaunya tetap merdu :

1. Pengembunan

Proses meletakan sangkar burung di batang pohon sebelum menjemur burung pada pagi hari manfaatnya agar burung dapat menghirup udara segar yang bagus untuk pernapasannya. Pengembunan merupakan langkah penting agar burung merasa seperti berada di habitat aslinya. 

2. Menjemur Burung Pada Pagi dan Sore Hari 

Biarkan burung terjemur matahari agar tubuh burung menjadi hangat. Waktu terbaik untuk menjemur burung sekitar pukul 07.00 pagi hari. Menjemur burung juga sangat penting karena selain mendapatkan vitamin d, sekaligus bisa menghilangkan jamur dan kuman yang ada di burung maupun sangkar burung.

3. Jangan Jemur Burung Langsung di Bawah Sinar Matahari

Pada siang hari letakan burung di tempat yang sejuk dan teduh, burung akan cepat sakit jika langsung di jemur di bawah sinar matahari dan parahnya dapat menyebabkan kematian. 

4. Rutin Membersihkan Kandang Burung 

Jangan malas untuk membersihkan kandang burung, kandang yang kotor merupakan sumber penyakit ini berlaku untuk semua hewan peliharaan tidak hanya burung saja. 

5. Berilah Makanan Agar Burung Kicauan Tetap Gacor

Banyak jenis makanan yang dapat membantu kicauan burung menjadi gacor seperti jangkrik, kroto, dan cacing. Jahe juga terkenal dapat merangsang burung untuk rajin berkicau dan dapat mengatasi infeksi tenggorokan yang menyebabkan burung sulit untuk berkicau.

6. Memandikan Burung 

Memandikan burung setiap pagi hari untuk menjaga kesehatan burung, selain itu manfaat memandikan burung adalah untuk mencegah penyakit, virus, dan kutu yang berbahaya untuk kesehatan burung kicauan.

7. Latihan Secara Teratur

Mendengarkan kicauan burung yang sudah master secara rutin ampuh membuat burung kicauan milikmu lebih cepat berkicau. Cukup lakukan satu sampai dua jam per hari tetapi lakukan secara rutin ya sobat satwa. 

Bagaimana dengan informasi di atas sobat satwa, apakah sudah siap untuk memelihara jenis burung kicauan di atas? Yuk, jangan lupa untuk tidak membeli hewan peliharaan yang masuk ke dalam list hewan terancam punah atau dilindungi. Mari Sobat Satwa kita bantu pemerintah untuk tetap melestarikan fauna kebanggan Indonesia ini. 

 

Source Picture:

https://dlpng.com/

 

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual