Cara Memandikan Landak Mini

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
14 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Erinaceus europaeus atau yang biasa kita sebut landak mini merupakan hewan peliharaan yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta hewan. Bentuknya yang kecil dan menggemaskan membuat banyak orang jatuh cinta dengan landak mini.

Bagi kamu yang memelihara landak mini pastinya tidak mau dong memelihara peliharaan yang kotor dan bau. Bisa-bisa si landak terkena berbagai macam penyakit dan juga kutu jika kebersihannya tidak dirawat. Oleh karena itu kamu harus rutin memandikan si landak sekitar 2-4 minggu sekali.

Namun tahukah Sobat Satwa bahwa memandikan landak mini ini ada teknik tertentu lho, berikut adalah bagaimana cara memandikan landak mini. Hal Yang Kamu Perlukan :

  1. Wastafel/Bak terbuka
  2. Air hangat
  3. Handuk kering / Hairdryer
  4. Sikat gigi
  5. Bak terbuka/baskom/wastafel Shampoo bayi atau shampoo kucing

Langkah - Langkah :

Step 1 : 

Siapkan baskom atau wadah untuk tempat memandikan landak.

Step 2 : 

Gunakan air hangat untuk memandikan landak mini. Isi baskom atau wadah yang telah disediakan dengan air hangat secukupnya. Air yang ideal adalah setengah dari tinggi kaki landak. Pastikan hidung landak mini tidak tenggelam dalam air. 

Step 3 :

Setelah air siap, perlahan masukan landak mini ke dalam bak. Tenang Sobat Satwa, landak merupakan perenang yang handal, jadi kamu gak perlu takut kalo si landak akan tenggelam.

Step 4 :

Ketika duri dan seluruh tubuhnya basah, tuangkan shampoo secukupnya pada bagian-bagian tubuh lalu sikat dengan sikat gigi secara searah dan berulang. Awali dari area duri dan kulit punggung berlanjut ke kepala dan sebagian moncong (jangan kena hidung terlalu sering agar air sabun tidak masuk ke hidungnya atau tertelan) terakhir pada bagian dada dan kaki-kaki landak mini.

Step 5 :

Setelah kamu merasa sudah cukup, siapkan wadah yang baru beserta air hangatnya, kemudian pindahkan landak yang sudah dibersihkan ke wadah yang baru, bilas kembali untuk yang kedua kalinya. Bilas seluruh sabun dari tubuh landak mini hingga benar-benar bersih, sisa sabun pada kulit landak mini bisa menyebabkan kulit landak Kamu menjadi kering.

Step 6 :

Angkat landak, tepuk-tepuk dan usap tubuhnya dengan handuk kering dan juga lembut.

Step 7 :

Keringkan punggung landak dengan hairdryer hingga benar-benar kering. Namun jika kamu tidak memiliki hairdryer, Kamu bisa menjemur si landak di bawah sinar matahari (di bawah jam 10 pagi) selama kurang lebih 15 menit. Kamu harus memastikan tubuh landak benar-benar kering agar mencegah penempelan debu serbuk kayu yang berpotensi menimbulkan kerak kulit semacam ketombe.

Ada teknik lain yang perlu kamu ketahui. Saat memandikan landak mini pastikan si landak sedang merasa santai, karena landak mini yang sedang marah akan sulit dimandikan.

Memandikan landak mini termasuk hal yang cukup mudah, namun Kamu juga harus berhati-hati. Selain rutin memandikan si landak, Kamu juga harus rutin membersihkan kandangnya, karena akan percuma kalau Kamu sudah membersihkan si landak namun kondisi kandang kotor. Kamu dapat menyemprotkan obat anti kutu setelah memandikan si landak sebagai pencegahan dan pengobatan dari kutu yang menyerang si landak. Semoga bermanfaat ya Sobat Satwa!

 

Source gambar : 

http://www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual