3 Cara Mengurangi Bau Pada Sugar Glider

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
14 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Pada umumnya semua hewan memiliki bau yang kurang sedap, salah satu hewan yang memiliki bau tidak sedap adalah sugar glider. Untuk Sobat Satwa yang sedang atau sudah pernah memelihara hewan mungil ini pasti tau kan bau menyengat yang mereka timbulkan akibat aroma bau dari kotoran dan kelenjar sehingga dapat mengganggu indra penciuman kita. Menghilangkan bau pada sugar glider bukan merupakan hal yang mudah apalagi ketika sudah memasuki masa birahi dimana sugar glider jantan akan mengeluarkan cairan yang sangat bau menandai bahwa dirinya siap untuk membuahi sugar glider betina. Biasanya cairan itu untuk menandakan wilayahnya atau daerah kekuasaanya. Tapi di sini kita bakal kasih tips bagaimana sih cara mengurangi bau yang berasal dari Sugar glider:

1. Bubuk Kopi

Kandang yang kurang terjaga kebersihanya pasti akan menimbulkan bau yang menyengat diakibatkan kotoran atau air kencing yang menumpuk di dalam kadang. Padahal sugar glider sering menandakan wilayahnya menggunakan kotoran maupun air kencingnya. Selain menjaga kebersihan kandang secara rutin sobat satwa bisa menghilangkan bau pada kandang menggunakan serbuk kopi.

Manfaat bubuk kopi hitam tidak hanya untuk kecantikan saja, bubuk kopi ternyata dapat mengurangi bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh sugar glider. Caranya dengan taburkan 1-2 sendok teh ke alas kandang lalu tutuplah dengan kertas atau koran. Bubuk kopi juga bisa di ganti dengan serbuk kayu tetapi bubuk kopi lebih mudah untuk didapatkan.

2. Membersihkan Kandang

Pakan merupakan salah satu penyebab bau yang ditimbulkan oleh sugar glider. Pakan yang mengandung banyak protein dan lemak seperti ulat hongkong, jangkrik dan buah pepaya merupakan beberapa makanan favorit sugar Glider. Semakin baik kandungan protein yang terdapat pada pakannya semakin bau kotoran dan air kencingnya. Salah satu cara untuk membersihkan bau kotoran dengan rutin membersihkan kandang minimal 2 minggu sekali. Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur atau pouch sugar glider secara rutin untuk mengurangi bau yang disebabkan oleh kotoran.

3. Memandikannya

Sugar glider merupakan hewan yang memiliki aroma khas pada tubuhnya, terutama untuk sugar glider berjenis kelamin jantan. Bau ini mulai tercium pada saat mereka berumur 6-7 bulan. Bau ini selalu ada pada tubuh sugar glider karena adanya kelenjar bau pada tubuhnya. Walaupun sobat satwa sudah mencoba untuk menghilangkan bau pada sugar glider, tetapi bau pada tubuh akan kembali muncul.

Sugar glider merupakan hewan yang bersih dan bisa menggroming dirinya sendiri. Hal yang bisa dilakukan oleh Sobat Satwa dengan mengurangi baunya saja, caranya mudah hanya dengan memandikannya saja. Mandikan dengan cara mengusapnya menggunakan tisu basah tetapi menggunakan tisu yang non alkohol.

Cara di atas merupakan cara untuk mengurangi bau yang disebabkan oleh sugar glider. Walaupun tidak bisa sepenuhnya menghilangkan baunya, salah satu caranya adalah mengebiri atau mengangkat kelenjar pada sugar glider tapi, itu tidak dianjurkan karena bisa membahayakan untuk sugar glider itu sendiri dan Sobat Satwa juga memerlukan dana yang terbilang cukup besar.

Source Picture:

PHOTOGRAPH BY JOEL SARTORE, NATIONAL GEOGRAPHIC PHOTO ARK

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual